Selasa, 28 Mei 2013

Sejarah Logo Apple

Apple Inc. adalah perusahaan multinasional dari Amerika yang bergerak dibidang software, komputer, gadget dan elektronik yang khususnya berhubungan dengan teknologi. Produk Apple yang paling terkenal adalah Macintosh, Ipod, Iphone dan Ipad.

Logo Apple sendiri cukup unik. Pada mulanya logo Apple cukup rumit namun terus mengalami perubahaan dari jaman ke jaman. Logo Apple pada mulanya berbentuk gambar lukisan Isaac Newton yang sedang membaca dibawah pohon apel dengan frase kata-kata yang ditulis berukuran kecil berbunyi: “Newton… A Mind Forever Voyaging Through Strange Seas of Thought … Alone.”


Logo pertama Apple ini dibuat pada tahun 1976 oleh Ronald Wayne.
   
Logo Apple Model Pelangi (1976-1998) 

Logo diatas hanya digunakan selama satu tahun sebelum bos Apple, Steve Jobs membayar seorang desainer Rob Janoff untuk membuat logo yang kemudian dikenal hingga hari ini. Menurut Janoff makna gigitan pada apel di logo tersebut diadopsi dari kata “Bite” yang berarti gigitan yang juga terdengar seperti pengucapan kata “Byte” dalam istilah komputer.

Warna pelangi pada logo tersebut konon merupakan permintaan dari Steve Jobs sendiri yang menginginkan desain yang cerah dan warna-warni dengan meletakkan warna hijau pada posisi paling atas yang melambangkan posisi daun yang cenderung berada diatas dari permukaan tanah.

Logo Apple model pelangi ini dipakai hampir selama 22 yahun sebelum akhirnya diperbaharui oleh Steve Jobs sekembalinya ia ke perusaahaan Apple pada tahun 1997. Perubahan meliputi warna pelangi yang diganti menjadi warna gradasi berwarna chrome (abu-abu metalik) 

Logo Monochrome Apple (1998 – sekarang)
Memikirkan sebuah logo yang kemudian akan selalu diingat oleh semua orang tidaklah mudah. Ketika Steve Jobs kembali ke perusahaan Apple Inc pada tahun 1997, kondisi finansial perusahaan sedang dalam keadaan kritis. Ketika itu Jobs menilai bahwa dengan merubah logo yang telah mereka gunakan selama berpuluh-puluh tahun mungkin akan membawa pengaruh akan memberi imajinasi bahwa perusahaan tersebut sedang melakukan suatu inovasi atau gebrakan.

Ide awal dari logo Apple berwarna monochrome tersebut bermula dari pemikiran Jobs yang menilai bahwa warna pelangi yang digunakan selama berpuluh-puluh tahun tersebut adalah hal yang cukup lucu dan janggal dan kekanank-kanakan juga tidak lebih dari sebuah kisah sukses dari antusiasme produk Mac pada masa lalu Sebagai gantinya Jobs merubah logo tersebut dengan menghilangkan warna pelangi dengan tujuan agar mempertajam / memperjelas bentuk apel dari logo sehingga setiap orang yang melihatnya akan segera menyadarinya bahwa itulah Apel! Warna chome itu sendiri melambangkan warna teknologi dan inovasi. Logo tersebutlah yang akhirnya digunakan hingga hari ini.

 Logo Monochrome Apple Versi 2 (2003 – sekarang)
  Logo diatas adalah logo alternatif kedua dari logo Apple yang juga kerap digunakan untuk produk-produk keluaran Apple Inc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh :
Read more: http://infoku-bloggerku.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-like-box-melayang-dengan.html#ixzz2VpJw50ui